Chip dan Processor 28nm Segera Muncul


Sejak beberapa bulan lalu, Intel, ARM, dan AMD saling pamer teknologi proses 32-nanometer masing-masing. Namun prestasi mereka itu tidak akan bertahan lama. Segera muncul teknologi proses yang lebih kecil, 28nm.

Sebuah tim yang terdiri dari IBM, Chartered Semiconductor Manufacturing Ltd, GLOBALFOUNDRIES, Infineon Technologies, Samsung Electronics Co Ltd, dan STMicroelectronics sedang mengerjakan teknologi proses 28nm. Bersama-sama mereka mengembangkan teknologi proses CMOS (complementary metal oxide semiconductor) 28-nanometer, high-k metal gate (HKMG), low-power.

Ini berarti akan hadir chip-chip yang lebih kecil, lebih hemat energi yang dapat memproses informasi dengan lebih sedikit daya. Tim tersebut mengatakan bahwa platform teknologi rendah-daya, 28nm akan menguntungkan berbagai perangkat MID (mobile internet device) dan UMPC (ultra mobile PC), maupun netbook, dan juga ponsel pintar.

Tim tersebut cukup cerdik dengan menyiapkan jalur transisi 32nm-ke-28nm sehingga para kliennya dapat memulai desainnya pada teknologi HKMG 32nm, kemudian bertransisi ke teknologi 28nm untuk memanfaatkan densitas dan power, tanpa perlu melakukan desain ulang secara besar-besaran.

Hasil awal dengan beberapa klien dan mitra menunjukkan bahwa platform teknologi 28nm dapat memberikan peningkatan kinerja 40 persen dan lebih dari 20 persen penghematan daya—semua dari sebuah chip yang berukuran setengah —dibandingkan teknologi 45nm.

Sumber :www.ketok.com


Related Articles



0 komentar:

Posting Komentar